Sabtu, 15 April 2017

KULIAH KERJA NYATA ASIK DESA SEDAYU

Banyak program kerja yang bisa dilakukan mahasiswa KKN tergantung dari keadaan tempat KKN dan kemampuan mahasiswa KKNnya sendiri. Judul yang diambil dalam pelaksanaan KKN ini adalah AKSELERASI SEDAYU MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN . Kami beranggotakan 10 orang yang berasal dari berbagai bidang ilmu dari psikologi, sastra jawa, teknik kimia, ekonomi pembangunan, akutansi, manajemen, dan ilmu hukum. Saya oki fianti dari teknik kimia hehe kenalan dulu yah :-D.

Kenalan dulu deh sama desanya hehe. Desa Sedayu merupakan salah satu desa di kecamatan Sapuran kabupaten Wonosobo yang mempunyai delapan dusun yaitu: tanjungsari, cengang, karanganyar, merapi, silempah, sumunggang, jatialit dan sedayu. Masyarakat desa Sedayu sangat ramah-ramah hehe. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan buruh di pabrik. Di desa Sedayu terdapat tempat wisata yaitu agrowisata tanjungsari, kebun teh tambi, bambu rengkol dll.

Lanjut program kerja, program kerja kita fokus ke empat bidang yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur lingkungan. Bidang pendidikan progjanya ada pendidikan seks dini untuk anak-anak SD, pelatihan pranatacara untuk masyarakat umum desa Sedayu, lomba mewarnai untuk anak-anak TK, membantu kegiatan TPQ, bimbingan belajar dan motivasi, pendidikan sopan santun untuk anak-anak SD, dan pendampingan karawitan yang merupakan kegiatan rutin di dusun Tanjungsari. Bidang kesehatan progjanya antara lain bersih pemukiman dan jalan sehat yang sasaranya adalah anak-anak yang ikut dalam bimbingan belajar, pendampingan posyandu, senam ibu-ibu, pengobatan dan pemeriksaan gratis untuk seluruh masyarakat desa sedayu. Bidang ekonomi antara lain pendaftaran PIRT, E-commerce produk kerajinan, dan pelatihan pembuatan lilin. Selanjutnya adalah bidang lingkungan dan infrastruktur progjanya antara lain kerja bakti sedayu, sosialisasi pemanfaatan halaman pekarangan rumah dan pembuatan pupuk organik, go green Sedayu penanaman 2000 pohon. Alhamdullilah semua program kerja hampir terlaksana dengan baik berkat ridho Allah, bantuan dan kerjasama dari semua pihak. Banyak pelajaran dan pengalaman yang kita dapat setelah melakukan KKN ini. Selain melakukan program kerja tersebut kita juga bisa liburan di daerah dataran tinggi dieng yang indah dan sejuk.

Berikut dokumentasi kegitan kuliah kerja nyata desa Sedayu dan jalan-jalan di desa sedayu dan dieng.















0 komentar:

Posting Komentar